Jumat, 09 Maret 2012

Pasukan Khusus Jerman(NAZI) Waffen SS

Serdadu SS sedang mengadakan Pawai di Berlin
Lambang Waffen SS totenkopf
Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.

Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :
Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler);
SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS);
dan SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).

Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940.

Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (Skandinavia, Belgia, Perancis, dan Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan Ukraina, Rusia, Kosak, Baltik, kaum Muslim Balkan, Soviet serta India).

Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak terpercaya.
Waffen SS dalam pertempuran di Russia

Taktik

Tahun 1942 Taktik Militer German yang paling ampuh adalah Blitzkreg(perang kilat) Waffen SS yang sering melakukan Taktik ini,mampu melumpuhkan Uni soviet dalam Operasi Barbarrossa.Blitzkrieg sebenarnya sederhana dan sampai sekarang masih disalah pahami.

Mantan anggota Waffen SS sekarang

Anggota Waffen SS sekarang banyak yang diadili atas tuduhan Penjahat perang,ikut dalam kamp konsentrasi dll.Banyak mantan anggota Waffen SS yang di hukum mati,dan di penjara seumur hidup. tidak banyak juga yang belum tertangkap sampai sekarang.

sumber :wikipedia


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar